Buku berjudul: “Jejak-Jejak Kecil yang tak Terganti” mengulas kisah panggilan 13 orang biarawati dalam kongregasi FCJM yang telah mencapai angka 25, 40, 50 dan 60 tahun hidup membiara. Panggilan hidup yang sangat mulia, sebagai persembahan diri untuk Sang Guru Ilahi. Hal ini terjadi selain karena faktor penghayatan pribadi, tetapi diatas segala-galanya karena Tuhan yang lebih dahulu mencintai manusia, memanggil dan memilih. Memaknai peristiwa akbar atas diri ke-13 puteri FCJM ini, menjadi kesempatan untuk menyadari hidup sebagai berkah yang tak bisa tergantikan oleh apa pun, baik pengalaman suka maupun duka.
Ke 13 puteri terpilih ini telah mengabdikan dirinya sebagai persembahan yang hidup bagi Allah dan sesama. Banyak pengalaman suka dan duka yang hadir dalam hidupnya baik dalam karya pelayanan, persaudaraan dan juga doa-doa mereka. Ujian dan tantangan menjadi sarana rahmat Allah  yang dengannya memaksimalkan potensi dan kemampuannya dengan mengatakan betapa berharganya hidup, “Life is life, fight for it”. Jangan sampai kita hanya melakukan kesia-siaan dan menjelma seperti buih di lautan, datang dan pergi seolah tanpa kesan.
Mereka mendedikasikan hidup demi kehidupan orang lain dengan mengentaskan kemiskinan, ketaatan dan kemurnian suci. Meski harus disadari bahwa tibanya di angka 25, 40, 50 dan 60 tahun ini bukanlah akhir dari sebuah perjuangan tetapi pembaharuan hidup yang terus-menerus. Mereka mencoba untuk mampu menjadi “garam dan terang” bagi sekelilingnya dengan kekuatan motto-motto rohani dan tips motivasi yang dipilih dalam menata hidup yang lebih baik dan berkenan kepada-Nya. Kekuatan inilah yang menghantar mereka pada sebuah kata “kesetiaan”. Setia dalam pilihan hidup.
Apa yang menjadi rahasia kesetiaan ke-13 saudari kita ini?. Mereka senantiasa ingin menjadi saksi cinta kasih sesuai spiritulitas FCJM. Mereka rindu mencintai Allah dan sesama dengan seluruh gerak hidupnya mulai dari hal-hal kecil, sederhana, apa adanya hingga hal-hal yang luar biasa sejauh dibutuhkan. Gerak hidup mereka merupakan jejak-jejak kecil yang tak tergantikan. Marilah kita senantiasa menjadi saksi cinta dimana saja kita berada. biarlah cinta menjadi ratu, hukum, dan semangat dalam kehidupan kita setiap hari. *Sekretariat FCJM.