Lumen Umbra Dei artinya Cahaya adalah bayang-bayang Allah. Allah yang selalu hadir dan melimpahi hidup kita dengan rahmat-Nya. Rahmat Allah itu sungguh dirasakan oleh para Suster FCJM yang tersebar di berbagai penjuru, khususnya di Provinsi Indonesia. Maka, kurang  lebih enam hari (09 – 14 November 2016) para Suster yang penanggungjawab karya dan komunitas duduk bersama di Provinsialat FCJM “Monteluco” untuk menceritakan bagaimana kehadiran Allah yang memimpin setiap Suster dalam melaksanakan tugas pelayanan. Sekitar 50 orang Suster yang datang dari setiap komunitas dan karya ini mengungkapkan betapa besar rahmat Tuhan dalam mendampingi karya dan persaudaraan FCJM dimana pun berada.

Suasana di ruang rapat
RP. Elias Sembiring, OFMCap., selaku Moderator FCJM Provinsi Indonesia turut mendukung jalannya rapat tahunan ini dengan memberikan pencerahan dan rekoleksi kepada para Suster.
“Kita hendaknya menghidupkan kran belas kasih. Satu tahun lamanya kita diberi kesempatan untuk intensif merenungkan dan melaksanakan belas kasih, menunjukkan wajah Kerahiman Ilahi kepada siapa saja dalam karya pelayanan kita”, pungkasnya.

St. Teresia dari Kalkuta, adalah Santa yang populer di zaman kita ini memberi teladan bagi kita. Belas kasih yang sepenuh-penuhnya dan yang sesungguhnya, tidak setengah-setengah. Belas kasih menuntut pengorbanan dan kerendahan hati. Saat kita menjunjung panji belas kasih, maka Allah telah menyediakan rahmat yang lebih besar bagi kita. Maka, marilah kita mengimplementasikan belas kasih dan kemurahan Allah itu, dan jangan hanya tinggal di hati tetapi bercahaya keluar agar orang lain merasakannya, tambahnya.

Ungkapan Pastor ini menjadi alarm bagi kita agar lebih intensif mempraktekkan belas kasih kapan dan dimanapun. Tahun Kerahiman Ilahi akan berlalu, tetapi praktek belas kasih tidak boleh berlalu. Belas kasih didasari oleh cinta kasih. Cinta akan menjadi senjata dalam setiap kesulitan dan tantangan dalam praktek belas kasih. Cinta akan mengalahkan segalanya amor omnia vincit. Selamat melanjutkan rapat, semoga wajah Allah tercermin bagi semua Suster peserta rapat ini.