Kamis, 23 Mei 2019 merupakan hari penuh syukur bagi keluarga besar Kongregasi Suster FCJM, khususnya FCJM Provinsi Indonesia. Pada hari ini sebanyak 17 orang Novis Kedua dengan langkah pasti memberanikan diri untuk mengucapkan Kaul Perdananya dalam Kongregasi FCJM dan 28 orang Suster Junior membarui kaulnya untuk satu, dua dan tiga tahun dalam Kongregasi FCJM.

Bertempat di Provinsialat FCJM “Monteluco”, Jl. Viyata Yudha 74, Pematangsiantar diadakan pesta yang penting dan bersejarah ini. Atas nama gereja, Sr. M. Theodosia Tinambunan FCJM dalam jabatannya sebagai Provinsial FCJM Provinsi Indonesia menerima kaul-kaul suci mereka  yang dianggap benar-benar layak dan memutuskan dengan mantap untuk hidup sebagai biarawati dalam menghidupi kaul-kaul sucinya. Pada hari yang sama juga, Sr. Angelya Sirait FCJM membaharui kaulnya di Yogyakarta karena sedang dalam masa studi, juga dua orang Suster Junior membaharui kaulnya di Timor Leste.

RP. Marianus G. A. Kedang, yakniPastor Paroki Paroki St. Joseph, Jl. Bali, Siantar III bertindak sebagai pemimpin perayaan Ekaristi untuk perayaan ini di Kapel Hati Kudus Yesus. Dalam homilinya, Romo Kedang sapaan akrabnya mengingatkan agar para Suster Junior yang sedang mengucapkan Kaul Perdana dan Pembaharuan kaulnya hari ini tetap setia pada janji yang telah mereka ucapkan dihadapan Tuhan yang disaksikan oleh Pimpinan, para Suster FCJM dan semua orang yang hadir dalam perayaan ini.

Liturgi dalam Perayaan Ekaristi yang agung dan meriah ini dianimasi oleh para Suster Novis Pertama dan Postulan FCJM, didampingi oleh RP. Warsito dan Sr. Evifania Sinaga FCJM. Lagu-lagu liturgi dinyanyikan  dengan harmonisasi yang indah membawa umat semakin khusuk dalam doa .

Selesai Perayaan Ekaristi, dilanjutkan acara ramah-tamah diruang makan komunitas Monteluco. Dalam sambutannya, Sr. Theodosia menyampaikan proficiat kepada para Suster yang mengucapkan Kaul Perdananya dan juga para Suster yang membaharui kaulnya untuk satu, dua dan tiga tahun. Secara serentak juga, Provinsial FCJM ini mengumumkan tugas perutusan pertana para Suster yang baru saja mengucapkan kaul perdananya. Mereka akan diutus ke beberapa komunitas FCJM yang tersebar diberbagai penjuru, sekitar Sumatera Utara, Nias dan Sumatera Barat. Nampak keceriaan dan kegirangan mereka saat mendengar nama masing-masing dipanggil dan diberi tugas baru. Selamat memulai tugas baru, jadilah berkat di hati dunia teristimewa di hati semua orang yang dijumpai.

Proficiat kepada 48 orang Suster Junior FCJM Provinsi Indonesia yang berkaul hari ini, Tuhan memulai karya baikNya dalam diriMu, semoga Tuhan yang memberkati dan menyempurnakannya. Mari menjadi saluran berkat bagi sesama.  Sr. Angela Siallagan